Thursday, May 9, 2013

Cara Membuat Game

Cara Mudah Membuat Game - Siapa yang tidak suka bermain game? Hampir semua orang baik itu kalangan bawah, menengah, sampai kalangan atas baik dia anak-anak, anak muda, dan dewasa pasti senang untuk bermain game. Dengan bermain game kita bisa mereleksasikan otak dan diri kita agar tidak terlalu stres.
Banyaknya game yang sudah tersebar diberbagai platfom dari mulai iPhone, iPad, Windows, Android, Playstation, dan lain-lainnya. Pada era yang semakin modern, banyak para pembuat game yang memamerkan game buatan mereka di iOS bila dibandingkan dengan Android. Para pembuat game memamerkan di iOS karena di iOS game bisa diperjualbelikan, dan tak akan ada pembajakan.
Apakah Anda mempunyai jiwa ingin tahu? Ingin tahu tentang bagaimana cara membuat game. Sebagian besar orang bergapan bahwa kalau membuat game berarti harus mengerti bahasa pemrograman. Dulu memang benar yang bisa membuat game ada mereka-mereka yang mengerti betul bahasa pemrograman, tapi saat ini teori itu dipecahkan. Semua orang bisa membuat game, nantinya game yang Anda buat bisa dimainkan di iPhone, Windows, Android, dan lain-lain. Anda juga bisa berbagi game yang Anda buat kepada teman-teman Anda dan tanyakan kepada teman Anda seberapa hebat game yang Anda buat.
Lalu apa yang harus dilakukan untuk membuat game tanpa harus mengerti bahasa pemrograman? Gampang sekali Anda hanya mendownload software pembuat game, dan software tersebut sudah teruji bahkan ada software yang berasal dari iPhone. Sofwtare-software tersebut diberikan secara gratis. Let's go to make your game!
1. Stencyl
Platform pembuat game ini sangat fleksibel. Selain bisa diinstal di berbagai OS, game ini bisa digunakan pada multidevice, platform juga mampu dijalankan pada aplikasi iOS, Android, ataupun lainnya.

Fasilitas eksport ke dalam file swf yang mampu dijalankan di atas browser web, baik via Adobe Flash player ataupun HTML 5. Menjadikan hasil kreasi game kita akan dengan mudah dipublikasikan, dimainkan dan mungkin juga dipasarkan.

Bagi Anda yang tertarik dengan Stencyl silahkan kunjungi situs resminya :
 Untuk cara penggunaanya bisa Anda baca dari situs resminya juga yang berbahasa inggris di bawah ini
2. Game Maker/ Yo Yo Games
Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa Game Maker sudah profesional. Seperti pembuat game pada poin satu, game ini juga mampu dijalankan via OS Windows atau Mac OS dan cara menggunakannya pun cukup dengan drag & drop. Namun kelebihan dari game ini bisa dibuat dalam bentuk 2D ataupun 3D.

Awalnya game maker ini dikembangkan oleh Mark Overmars dengan menggunakan pemrograman Delphi dan saat ini platform tersebut dikembangkan serta dipopulerkan oleh perusahaan software YoYo Games.

Selain sajian fitur yang mudah dengan metode drag and drop, game ini juga mampu dikembangkan lebih lanjut ke dalam game professional jika diinginkan.

Bahasa pemrograman game maker yang dibuat sendiri oleh YoYo Games yang bernama bahasa GML (Game Maker Language) akan memberikan keleluasaan buat para developer game profesional untuk mengembangkan game ciptaannya tanpa batas.

Berminat untuk menggunakannya? Silahkan kunjungi situs resminya!
Bagi Anda yang ingin membaca tutorialnya silahkan baca di situs resminya juga
3. Game Salad
Game engine ini awalnya banyak dikembangkan untuk membuat game di berbagai aplikasi Mac OS, baik iPhone, iPad dan sejenisnya. Namun sekarang game ini juga bisa dijalankan di Windows untuk para pengembang game Android.

Game Salad menyediakan template dasar yang bisa kita kembangkan, namun bisa juga jika kita ingin buat dan merangkai sendiri dari scratch, model ini juga bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Jika Anda banyak bekerja sebagai penjual templete ataupun aset game lainnya, platform ini mungkin akan lebih cocok digunakan. Pasar resmi apple yang bernama App Store bisa menjadi media pemasaran hasil kreasi templete dan game yang anda buat dan pasar ini sudah menjadi pasar aplikasi online terbesar di dunia.

Sama dengan beberapa bahasan sebelumnya, platform ini dapat dikatakan tidak diperlukan kemampuan pemrograman dalam membuat game. Semuanya cukup drag and drop, dan hanya butuh pengaturan property yang berupa istilah yang sangat umum. 

Gimana mau mencoba yang satu ini? Langsung saja kunjungi situs resminya untuk mendapatkannya
Untuk tutorialnya silahkan Anda baca disini
Tak perlu lagi belajar baha pemrograman untuk membuat game cukup mendownload software di atas Anda bisa membuat game Anda sendiri. Dan Anda tak perlu lagi memainkan atau mendownload game yang dibuat oleh orang lain. Buat game dengan tantangan yang menarik, menegangkan dan penuh dengan teka-teki (bukan teka-teki silang ya) agar yang menmainkan game Anda tidak bosan.

Sekedar itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Mudah Membuat Game. Saya harap artikel ini bisa berguna bagi Anda dan saya pribadi. Akhir kata saya mengucapkan, wasalam

No comments:

Post a Comment